Sperma Yang sehat Laki-laki

Sperma Yang sehat Laki-laki

Agar Memiliki Sperma Yang sehat Laki-laki harus Tau Ini

Untuk laki-laki, sperma sehat ialah poin penting untuk dipunyai, apa lagi, untuk yang berkemauan untuk mempunyai anak. Sayang, kita tidak dapat mengenali sperma sehat cukup dengan menyaksikannya saja.

Tiap lelaki pasti mengidamkan sperma yang sehat dan normal untuk dapat selekasnya memperoleh turunan. Tetapi sebenarnya, tidak seluruh lelaki mempunyai keadaan sperma yang subur.

Baca Juga: Proses Transisi Melakukan Seksual

Keadaan sperma yang kurang subur, bisa menghalangi gagasan kehamilan pasangan suami istri.

Sayang, banyak lelaki yang telat mengetahui bahkan juga tidak mengenali jika keadaan spermanya kurang sehat. Pada program kehamilan, banyak pasangan yang cuman konsentrasi pada kesuburan istri. Walau sebenarnya tingkat kesuburan lelaki memiliki fungsi yang besar pada kesuksesan program hamil.

Tidak boleh cemas. Ada beberapa ciri ilmiah yang memperlihatkan jika seorang mempunyai Sperma Laki-laki yang sehat. Ingin tahu?

  1. Tidak konsumsi makanan panas di tempat plastik

Apa kamu kerap konsumsi makanan panas di tempat plastik? Hati-hatilah, sebab waktu makanan dipanaskan, bahan kimia bisphenol-A (BPA) dapat larut dan masuk di pada tubuh!

Berdasar riset dari Denmark, diketemukan jika lelaki yang berkadar BPA tinggi dalam urine, mempunyai prosentase sperma motil yang semakin lebih rendah. Dipercayai, BPA bisa mempengaruhi rutinitas estrogen dan androgen di epididimis di testis.

Beberapa periset percaya jika BPA dapat menghalangi perubahan normal sperma. Jadi, syukurlah bila kamu tidak mempunyai rutinitas konsumsi makanan panas di tempat plastik!

  1. Mempunyai suara yang tidak begitu dalam

Beberapa wanita lebih mencintai lelaki yang bernada dalam (deep voice) dan menganggap lebih maskulin dan menarik. Walau sebenarnya, menurut studi dari University of Western Australian, lelaki dengan suara begitu dalam condong mempunyai sperma yang tambah jelek.

Menurut Leigh Simmons, Ph.D, penulis studi itu, testosteron dihubungkan dengan feature muka yang lebih maskulin dengan suara yang lebih rendah. Tetapi, kebanyakan testosteron bisa mendesak produksi sperma, merilis Men’s Health.

Disamping itu, dikutip dari National Geographic, lelaki bernada rendah condong mempunyai fokus sperma yang lebih rendah waktu ejakulasi.

  1. Kerap olahraga dengan intensif sedang sampai berat

Periset dari Harvard mendapati jika lelaki yang olahraga dengan intensif sedang sampai berat (sepanjang 15 jam ataupun lebih dalam satu minggu) mempunyai fokus sperma 73 % semakin tinggi dibanding lelaki yang tidak olahraga sama sekalipun.

Olahraga punyai sejuta faedah untuk kaum pria. Salah satunya ialah turunkan berat tubuh, tingkatkan gestur anti-oksidan di semua badan, sampai menahan radikal bebas menghancurkan sel sperma, diambil dari situs Men’s Health.

Disamping itu, periset mendapati jika lelaki yang melihat TV lebih dari 20 jam satu minggu mempunyai fokus sperma 44 % lebih rendah. Jadi, hentikan rutinitas bermalasan dan berkeringatlah!

  1. Menggunakan baju dalam yang kendur dan tidak ketat

Motilitas ialah bagaimana sperma berenang dan adalah poin penting. Karena, sperma yang lambat akan kesusahan capai sel telur dan membuahinya.

Menurut studi dari Inggris pada tahun 2012, jumlah sperma motil lebih rendah 24 % pada lelaki yang kenakan celana pendek boxer kendur dibanding yang menggunakan celana dalam ketat.

“Baju dalam yang kendur mengakibatkan temperatur skrotum lebih rendah dibanding dengan baju dalam yang ketat, hingga (dapat) tingkatkan kualitas air mani,” sebut Andrew Povey, Ph.D, si penulis studi.

Disamping itu, bila temperatur testis tinggi, karena itu produksi sperma akan terhalang. Oleh karena itu, gunakan baju dalam kendur agar testis dapat bernapas.

  1. Senang makan ikan, khususnya yang memiliki kandungan omega-3

Apa kamu kerap makan daging olahan? Menurut periset dari Harvard, lelaki yang makan banyak daging olahan mempunyai jumlah sperma normal yang rendah.

Bila pengin mempunyai sperma sehat, konsumsi semakin banyak ikan. Khususnya ikan yang memiliki kandungan omega-3, sebab asam lemak tidak jemu ganda rantai panjang berperanan dalam produksi sperma, seperti tercatat di situs Men’s Health.

Contoh ikan yang disebut sumber omega-3 ialah salmon dan tuna. Pria yang makan banyak ikan mempunyai fokus sperma 65 % semakin besar.

  1. Mempunyai wajah yang tidak begitu maskulin

Yakin atau mungkin tidak, ada keterikatan di antara wajah muka dengan kualitas sperma. Menurut periset dari Spanyol dan Finlandia, lelaki dengan muka yang dipandang lebih jantan condong mempunyai kualitas air mani yang tambah jelek dibanding pria berparas feminin.

Ini dapat diterangkan dengan teori tradeoff hypothesis. Pada intinya, lelaki mempunyai jumlah energi masih yang didistribusikan untuk sumber daya reproduksi.

Jukka Kekäläinen, Ph.D, penulis studi ini menerangkan bila lelaki memakai semakin banyak sumber daya untuk memproduksi air mani, dia kemungkinan mempunyai semakin sedikit sumber daya untuk meningkatkan beberapa ciri seksual sekunder yang memikat, seperti maskulinitas muka.

  1. Tidak mempunyai lingkar pinggang yang begitu besa

Kecuali wajah muka, ada keterikatan di antara lingkar pinggang dengan kualitas sperma. Periset dari Belanda mendapati jika lelaki dengan lingkar pinggang 40 inch ataupun lebih mempunyai fokus sperma dan jumlah sperma yang bergerak normal lebih rendah dibanding lelaki dengan lingkar pinggang lebih kecil.

Seperti apakah penuturannya? Menurut periset, bawa kebanyakan beban (khususnya dibagian tengah badan) dapat mengusik pelepasan hormon sex dan produksi dan perubahan sperma.

Supaya sperma sehat, sesungguhnya lelaki tak perlu mempunyai perut six pack atau tubuh yang atletis. Yang perlu, lingkar pinggang tidak besar dan perut tidak buncit.

Beberapa ciri kualitas sperma yang bagus

Untuk orang yang usaha mempunyai turunan, pasti penting untuk mempertahankan kesehatan sperma. Beberapa tanda sperma yang bagus salah satunya:

  1. Jumlah sperma

Umumnya, jumlah sperma dalam setiap mililiter air mani ialah 15 juta sampai 200 juta. Jika jumlah sperma kurang dari 15 juta atau kurang dari 39 juta di setiap kali ejakulasi, berarti jumlah sperma terhitung rendah (oligospermia).Kebalikannya, jumlah sperma di atas 200 juta per mililiter air mani dipandang tinggi. Untuk hitung jumlah sperma, akan dikerjakan riset air mani yang dikerjakan oleh dokter atau pakarnya.

  1. Pergerakan sperma

Sangat penting pastikan pergerakan sperma dapat optimal untuk dapat membuahi sel telur. Perjalanan sperma untuk sampai ke sel telur sebaiknya berenang melalui serviks, kandungan, dan tuba falopi. Pada pria normal, beberapa ciri sperma yang bagus ialah 32-75% dari semua spermanya mempunyai motilitas yang maksimal.

  1. Susunan sperma

Beberapa ciri sperma yang bagus ialah mempunyai kepala berupa oval dan ekor panjang hingga dapat bergerak dengan maksimal. Makin normal susunan atau wujud sperma, makin kemungkinan besar seorang pria membuahi sel telur.

Bagaimanakah cara mengenali kualitas sperma Anda?

Untuk mengenali kualitas sperma, dokter akan minta Anda untuk memberi contoh air mani. Biasanya, Anda akan disuruh berejakulasi ke dalam cangkir koleksi di ruangan individu yang ada di dalam rumah sakit.

Dalam kurun waktu 2-5 hari saat sebelum lakukan pengujian sperma, ada peluang dokter akan minta Anda tidak untuk lakukan jalinan intim atau masturbasi.

Ini perlu dikerjakan untuk pastikan berapakah jumlah sperma yang tertinggi. Tetapi, tidak boleh menghindar ejakulasi lebih dari dua minggu saat sebelum test sebab ini dapat hasilkan contoh dengan sperma yang kurang aktif.

Menurut pakar, seharusnya Anda menghindar minuman mengandung alkohol saat sebelum pengecekan sperma. Anda pun perlu bertanya ke dokter berkenaan obat dan suplemen herbal apa yang peluang bisa Anda konsumsi secara teratur.

Jauhi pemakaian pelumasketika Anda akan ambil contoh. Ini bisa mempengaruhi berapa gampang sperma Anda bergerak.

Untuk memperoleh hasil pengujian yang paling tepat, dokter akan mengetes lebih satu contoh Anda. Oleh karenanya, Anda perlu sediakan beberapa contoh yang lain dalam kurun waktu seputar 2-3 minggu. Ini dibutuhkan sebab contoh air mani dari pria yang serupa bisa memberi hasil yang beragam.

Nah, itu pertanda lelaki yang mempunyai sperma sehat. Apa kamu terhitung di dalam perincian ini?