Royal Jelly Untuk Kesehatan

Royal Jelly Untuk Kesehatan

Royal Jelly Untuk Kesehatan Sangat Bermanfaat Terutama Di Masa Pandemi

Kecuali madu, propolis, dan sarang lebah, rupanya susu lebah atau royal jelly berguna juga untuk kesehatan, lho. Apakah itu royal jelly? Apa betul berguna untuk kesehatan? Silahkan baca faedah kesehatan dari susu produksi lebah ini.

Apakah itu royal jelly?

Royal jelly ialah susu yang dibuat oleh beberapa koloni lebah madu. Disamping itu, susu hasil sekresi lebah ini dipakai selaku makanan ratu lebah. Banyak beberapa peternak lebah yang ambil makanan ratu lebah ini untuk dijualbelikan sebab ucapnya bermanfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Sperma Yang sehat Laki-laki

Saat sebelum banyak dibuat selaku suplemen kesehatan, susu lebah ini sudah dipakai untuk bermacam jenis obat tradisionil, diantaranya terhitung untuk menolong tingkatkan perkembangan rambut dan kurangi keriput di muka.

Saat itu, dalam riwayat penyembuhan China, susu lebah ini sering dipakai selaku minuman untuk menolong panjang usia, menahan penyakit, dan tingkatkan nafsu organ penting.

Susu lebah ini mempunyai kandung berbentuk kombinasi air, kolagen, dan bermacam enzim dan hormon. Beberapa komponen itu yang membuat beberapa orang beranggapan jika susu lebah ini bisa bawa banyak faedah untuk manusia. Sekarang ini, royal jelly dapat didapat dengan gampang di mana juga. Hasil sekresi lebah ini ada dalam bermacam-macam, dimulai dari royal jelly fresh, kapsul, atau bubuk.

Rupanya, royal jelly benar-benar dikenali mempunyai bermacam manfaat untuk kesehatan. Bahkan juga, beberapa riset sudah dikerjakan untuk menunjukkan faedah royal jelly untuk kesehatan.

Mari, kita ulas apa saja faedah royal jelly untuk kesehatan.

Memiliki kandungan banyak gizi khususnya vitamin B kompleks

Meskipun umumnya terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak, susu lebah memiliki kandungan banyak gizi, diantaranya ialah vitamin B. Beberapa macam vitamin B yang umumnya ada dalam makanan lebah ini terhitung:

  • Tiamin (B1)
  • Riboflavin (B2)
  • Asam pantotenat (B5)
  • Pyridoxine (B6)
  • Niasin (B3)
  • Asam folat (B9)
  • Inositol (B8)
  • Biotin (B7)

Tingkatkan imun badan, khususnya pada alergi

Menurut satu studi tahun 2001 yang diedarkan dalam jurnal International Immunopharmacology, royal jelly bisa menolong tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh. Dalam studi itu disebut jika tanggapan histamin pada alergen setelah makan royal jelly dapat didesak hingga ini bisa menolong memudahkan tanda-tanda alergi. Tetapi masih diperlukan riset selanjutnya tentang faedah royal jelly dalam menangani tanda-tanda alergi.

Turunkan kandungan glukosa darah

Studi pada Canadian Journal of Diabetes mendapati jika royal jelly bisa mengendalikan gula darah. Riset itu menyertakan 50 pribadi dengan diabetes type 2 yang dikasih plasebo atau 1.000 mg royal jelly 3x satu hari.

Sesudah eksperimen yang dikerjakan sepanjang delapan minggu, didapat hasil jika barisan yang diberi royal jelly alami pengurangan glukosa pada darah yang berarti, sesaat mereka yang dikasih plasebo alami sedikit kenaikan.

Namun, menurut pembahasan 2019 dalam World Journal of Diabetes, diterangkan jika faedah pemakaian royal jelly hanya minimum. Berdasar penilaian pada 18 studi medis, beberapa periset mengaitkan jika kualitas bukti yang memberikan dukungan pemakaian royal jelly pada diabetes ialah rendah sampai benar-benar rendah.

Menangani beberapa keluh kesah berkaitan menopause

Royal jelly dapat menangani gejala-gejala yang terkait dengan menopause. Menopause sendiri mengakibatkan pengurangan perputaran hormon yang terkait dengan efek fisik dan psikis, seperti ngilu, masalah memory, stres, dan kekhawatiran.

Satu studi dalam jurnal Climacteric mendapati jika royal jelly efisien dalam kurangi stres dan tingkatkan ingatan pada tikus pascamenopause.

Studi yang lain menyertakan 42 wanita pascamenopause memperlihatkan jika konsumsi 800 mg royal jelly tiap hari sepanjang 12 minggu efisien dalam kurangi sakit punggung dan kekhawatiran. Studi ini sudah diterbitkan pada jurnal Evidence-Based Complementary and Alternatife Medicine.

Turunkan cholesterol jahat

Dalam satu riset kecil yang menyertakan 36 wanita pascamenopause, pemberian 150 mg royal jelly tiap hari menunjukkan ada kenaikan cholesterol baik atau HDL sejumlah 7,7 % dan pengurangan cholesterol jelek atau LDL sekitar 4,1 %, dengan pengurangan keseluruhan cholesterol sejumlah 3,1 % cholesterol. Riset ini diterbitkan dalam jurnal Gynecological Endocrinology.

Hasil yang sama diraih dalam studi pada Pharmaceutical Biology, di mana 40 orang dewasa dengan hiperkolesterolemia enteng dikasih plasebo atau 350 mg royal jelly tiap hari. Hasilnya, sesudah tiga bulan, LDL dan kandungan cholesterol keseluruhan menyusut pada barisan yang dikasih royal jelly.

Turunkan tekanan darah

Royal jelly sanggup mempertahankan kesehatan jantung dan mekanisme peredaran darah dengan kurangi tekanan darah.

Riset yang diedarkan dalam jurnal Scientific Reports memperlihatkan jika protein detil dalam royal jelly memiliki sifat mengurangi beberapa sel otot polos di pembuluh darah dan arteri, hingga turunkan tekanan darah.

Riset lain dalam Saudi Journal of Biological Sciences yang dikerjakan pada hewan dan mempelajari suplemen yang menyatukan royal jelly dengan zat turunan lebah yang lain mendapati ada pengurangan tekanan darah yang berarti. Tetapi, peranan tentu yang dimainkan royal jelly dalam suplemen ini belum juga tahu.

Tingkatkan peranan otak

Banyak studi yang memperlihatkan ada hubungan di antara dampak pelindungan pada otak dan jaringan saraf dengan kemampuan anti-oksidan royal jelly.

Satu studi dalam Neuroscience Letters yang dikerjakan dengan menginduksi tikus dengan depresi selanjutnya menyembuhkannya dengan royal jelly memperlihatkan tingkat hormon depresi yang lebih rendah dan mekanisme saraf pusat yang lebih kuat dibanding barisan kontrol.

Satu studi terpisah yang diterbitkan dalam jurnal Neuroscience Letters hasilkan kenaikan memory dan pengurangan tanda-tanda stres pada tikus pascamenopause yang dikasih royal jelly.

Riset lain pada jurnal Frontiers in Psychology memperlihatkan jika tikus yang diobati dengan royal jelly lebih sanggup hilangkan pengendapan kimia spesifik di otak yang berkaitan dengan penyakit Alzheimer.

Berapa banyak jumlah yang dapat diminum?

Royal jelly biasanya datang berbentuk bubuk atau tablet. Tapi peternak lebah dan terapi lebah seringkali untuk minum susu lebah fresh langsung dari sarangnya. Mereka memandang jika menelan langsung susu lebah bisa percepat peresapannya ke pada darah.

Tetapi, bila Anda konsumsi tablet atau bubuk royal jelly, jumlah optimal yang yang disarankan ialah 50 sampai 300 miligram tiap hari. Tetapi, sebaiknya untuk konsultasi sama dokter saat sebelum konsumsi susu atau minuman apa saja untuk kesehatan.

Manfaat Royal Jelly Untuk Kesehatan

Royal jelly peluang aman untuk orang yang tidak mempunyai alergi pada protein madu. Tetapi, untuk mereka yang mempunyai alergi, pemakaian bahan ini bisa memacu timbulnya reaksi alergi serius seperti asma, kerongkongan lebam, dan cedera di usus besar yang dibarengi dengan sakit di perut dan diare berdarah.

Hasil sekresi lebah yang dibalurkan ke kulit ini dapat mengakibatkan infeksi dan ruam alergi, ditambah waktu dibalurkan ke kulit kepala. Menurut Institute of Medical Research di Malaysia, alergi susu lebah menjadi kronis dan dalam beberapa masalah dapat memberikan ancaman jiwa.

Oleh sebab ada banyak efek yang dicemaskan, sebaiknya Anda konsultasi lebih dulu sama dokter saat sebelum konsumsi royal jelly ini.

Mengenali faedah royal jelly yang mengagumkan, tidak mengejutkan bila royal jelly sudah dipakai dalam praktek penyembuhan kuno sepanjang beratus-ratus tahun. Kamu sendiri kemungkinan berminat untuk mulai teratur konsumsi royal jelly untuk membuat perlindungan badan dari bermacam penyakit?