Extra Virgin Coconut Oil (VCO)

green extra virgin coconut oil kualitas super bagus
Green VCO

Green VCO (Virgin CoconutOil) adalah minyak kelapa murni yang dibuat dengan metode pembekuan. Virgin coconut oil adalah berupa fatty acid (asam lemak), dan bukan lemak. Oleh karena itu VCO tidak akan menggumpal di dalam tubuh. Sebagian besar asam lemak dalam VCO tergolong dalam asam lemak dengan panjang rantai medium (MCT = Medium Chain Triglyceride).

Bila VCO dioleskan di atas kulit, maka sebagian besar (80%) akan langsung terserap. Kebiasaan mengkonsumsi VCO adalah kebiasaan yang menyehatkan karena di dalam tubuh, MCT (Medium Chain Triglyceride) ini akan diurai menjadi Mono Glyceride. Sifat fungsional dari mono glyceride ini antara lain:

  • memperbaiki metabolisme tubuh
  • membunuh virus, bakteri, dan jamur
  • memperbaiki fungsi organ tubuh
  • melarutkan nutrisi larut lemak dalam tubuh
  • menurunkan platelet dalam darah

Tahukah Anda bahwa dalam minyak kelapa, santan kelapa, dan bagian mana saja dari kelapa TIDAK MENGANDUNG KOLESTEROL sama  sekali? Sehingga tidak ada alasan bagi Anda untuk takut mengkonsumsi kelapa dan produk-produk olahan kelapa.

Makanan yang mengandung kolesterol HANYA bersumber dari jaringan tubuh hewan, sedangkan tanaman dan hasil tanaman tidak mengandung kolesterol. Oleh karena itu, jangan sampai Anda terkecoh dengan informasi yang tidak benar, termasuk informasi menyesatkan dari kalangan medis. Hasil uji klinis terkini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara kelapa dengan munculnya kolesterol dalam tubuh manusia.

Kampanye asosiasi minyak non-tropis Amerika Serikat yang “jahat” dan bertujuan membunuh bisnis minyak tropis telah menyesatkan pikiran kita selama berpuluh-puluh tahun. Mereka berkonspirasi menyebarkan informasi yang menyesatkan bahwa minyak kelapa adalah penyebab naiknya kolesterol darah. Namun kenyataan di lapangan justru menunjukkan hal yang sebaliknya. Terbukti bahwa selama beribu-ribu tahun masyarakat pengkonsumsi kelapa bukan saja tidak pernah mengalami sakit seperti yang dituduhkan mereka. Akan tetapi, masyarakat pengkonsumsi kelapa justru terhindar dari berbagai macam penyakit modern seperti penyakit jantung, hepatitis, diabetes, obesitas, dan lain sebagainya. Kondisi masyarakat yang sehat ini terbukti ternyata dikarenakan secara rutin mereka mengkonsumsi kelapa dalam diet harian mereka. Contoh uji klinis ini dilakukan pada komunitas masyarakat di Kepulauan Pasifik, yaitu di Pulau Puka Puka dan Toleau.

Anjuran Penggunaan Virgin Coconut Oil (VCO)

Sebagai pangan fungsional yang sehat, konsumsi VCO tidak mengenal dosis. Namun untuk menjaga keseimbangan asupan gizi, maka konsumsi (intake) VCO dianjurkan sebagai berikut:

Dalam keadaan normal dan sehat

  • Dewasa: 3 sendok makan per hari
  • Anak-anak di bawah umur 5 tahun: 3 sendok teh per hari

Dalam keadaan sakit

  • Dewasa: 5 sendok makan per hari
  • Anak-anak di bawah umur 5 tahun: 4 sendok teh per hari
« |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *